INSTAGRAM

Rabu, 25 Juni 2008

Penutup Laporan

PENUTUP


3.1. Kesimpulan
Program Pengalaman Lapangan (PPL) sangat banyak memberikan manfaat bagi mahasiswa sebagai calon guru, karena dengan diadakannya PPL mahasiswa dapat secara langsung melihat dan mengenali segala bentuk kegiatan yang ada di sekolah. Disamping itu mahasiswa juga dilatih untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah seperti, guru, karyawan , kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, disamping itu juga beradaptasi dengan lingkungan masyarakat di sekitar sekolah.
Untuk membantu kelancaran Proses Belajar Mengajar (PBM) dan sebagai pedoman dalam kegiatan pengajaran, maka sebelum melaksanakan proses PPL di dalam kelas, mahasiswa terlebih dahulu mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti rincian minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus, rencana pembelajaran, ringkasan materi dan media pengajaran yang berguna dalam PBM.
Jadi melaui PPL ini mahasiswa dituntut untuk lebih trampil dalam melaksanakan profesinya sebagai calon guru. Pelaksanaan PPL ini juga merupakan suatu wadah untuk menerapkan ilmu yang didapatkan mahasiswa selama perkuliahan di kampus, sehingga mahasiswa dapat membandingkan dan dapat mengevaluasikan apakah ilmu yang didapat itu bisa diterima di lapangan atau tidak
3.2. Saran
Sesuai dengan pengalaman penulis, pelaksanaan PPL ini sangatbanyak manfaatnya, karena kita sebagai mahasiswa dapat mengetahui segala yang berhubungan dengan pendidikan. Oleh karena itu penulis menyarankan agar setiap mahasiswa yang akan melaksanakan PPL harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dan dapat melaksanakan tugas dengan baik karena sangat terasa manfaatnya bagi kita.

Tidak ada komentar: