INSTAGRAM

Minggu, 26 April 2009

PUBLIC SPEAKING ABILITY

Komunikasi sangat penting sekali dilakukan dalam era globalisasi ini. Kemampuan berkomunikasi tidaklah mudah dilakukan jika orang tersebut tak terbiasa mengungkapkan isi hatinya. Apalagi komunikasi merupakan hal yang sangat penting sekali dalam dunia kerja.
Coba bandingkan orang yang biasa saja tapi mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, maka bisa jadi efek penjualannya lebih maju dari orang yang hanya pandai dalam teori saja. Begitu juga dalam menjalin kerjasama, bagaimana seseorang bisa mempersuasi atasannya atau koleganya dalam menggolkan proyek atau rencara terhadap ide barunya, tentu juga membutuhkan tehnik-tehnik komunikasi yang jitu.
Public Speaking sangat penting sekali, dan ilmu menguasai massa juga harus dilatih dari sekarang. Karena tidak bisa dielakkan lagi ada beberapa hal dan tugas yang mesti kita lakukan dalam dunia kerja yang membutuhkan komunikasi di depan orang banyak, contohnya :
• Menjadi peserta rapat saat mengajukan usul
• Menjadi pimpinan rapat
• Menjadi MC suatu acara resmi atau hiburan
• Menjadi juru bicara sebuah instansi
• Menjadi pembicara di beberapa instansi atau seminar
• Mempresentasikan hasil laporan di depan atasan dan kolega bisnis
• dll

Berikut kiat yang harus dipunyai oleh seorang pembicara yaitu :
1 Profil pembicara :
a. Tenang, meyakinkan
b. Cerah, ramah, senyum
c. Penuh perhatian
1. Penampilan
a. Pakaian bersih, rapi, sopan,
b. Wajar dan tidak dibuat-buat
c. Simpatik
d. Tidak rendah diri
2. Saat berbicara :
a. Suara jelas dan tidak berteriak
b. Berirama, tidak terlalu cepat atau lambat
c. Bahasa sederhana dan mudah dimengerti
d. Kalimat tidak bertele-tele dan berbelit-belit
e. Penyajian sistematik, tidak keluar alur, membangitkan pikiran dan antusias pendengar dengan mata, mimik dan gerakan tangan.
3. Kemampuan diri
a. Percaya pada kemampuan diri, karena memang sudah latihan 20 x 1 jam setiap hari.
b. Menguasai materi karena, sudah banyak lisensi dan diskusi dengan orang lain
c. Yakin akan kebenaran dan manfaat dari materi
d. Mampu berfikir ke masa depan
e. Mempunyai stabilitas emosi yang tinggi karena berhadapan dengan berbagai pendengar yang mempunyai pendapat dan emosi yang berbeda.
f. Tanggap terhadap situasi audiens: jika mengantuk adakan permainan, jika panas hidupkan AC, jika suara lambat dikeraskan, berikan humor jika terlalu serius dll
g. Masukkan materi dalam audio visual dan perlu dramatisasi.

1 komentar:

sumantri mengatakan...

KEPRIBADIAN


pa Ayang dimaksut dengan kepribadian, krpribadian adalah salah satu sipat yang ada pada diri seseorang, tidak seorangpun yang mengetahui kepribadian kita kecuali kita sendiri, karma itu, maka sesuaikan diri apa adanya jangan tiru orang lain, jadilah diri sendiri. Kepribadian seseorang itu sebenarnya juga dapat diketahui orang lain apa bila ia melakukan hal-hal yang sering dilakukannya, atau melihatkan sesuatu hal tentang dia kepada orang lain,maka tanpa disadari orang tersebut telah mengetahui kepribadian kita dimana.
Maka oleh sebab itu apa bila anda punya masalah atau hal yang tidak dapat diatasi maka janganlah menyerah, apa bila anda sibuk maka janganlah perlihatkan kesibukan anda itu dan apabila anda capek janganlah perlihatkan kecapekan anda itu, tetaplah tegar, semangat,senyum dan senang agar setiap orang tidaak mudah mengetahui kepribadian anda, mereka hannya tau anda orangnya, fropesional, bertangung jawab, tak pernah capek dan selalu ramah.Maka tanamkanlah hal demikian dalam diri anda agar anda diaggab fropesional.
Beranikanlah diri anda meskipun anda tidak tau apa –apa tentang itu, yang penting anda memiliki semangat, maka dengan demikian anda akan mengetahui segala hal, apla yang anda tidak ketahui, sedikit demisedikit anda bias belajar dari situ.Berani bukan berarti bukannya mampu, tapi berani membikin plerllclaya diri,apa yang tidak kita ketahui dengan tiba-tiba keberanian kita itu, maka segala hal pasti akan didapatkan, walaupun hasilnya tidak terlalu memuaskan, dari pada rang yang mampu tapi tidak berani, itu sama juga dengan 0.
Orang yang fropesional adalah orang yang mampu melakukan segala hal, tapi bukan berarti ia sehat, kuat, ataupun pintar, tapi orangnya tertip, disiplin, tepat waktu, ramah, dan mampu melakukan hal-hal yang dibutuhkan didepan orang banyak meskipun dia orngngnya lemah, mudah capek, atau kurang sehat tapi tetap semangat dan senang melakukan aktifitasnya itulah orang yang fropesional.Jadi kepribadian itu hannya ada pada diri sendiri tidak ada pada orang lain, bentuklah diri apa adanya, jadikankah ketakutan itu keberanian, dan jadikanlah kegagalan itu kesuksesan.

TUGAS ETIKA& SEKRETARISAN
SUMANTRI
SUMMER