INSTAGRAM

Minggu, 26 April 2009

To be a Master of Ceremony

Untuk Menjadi Pembawa Acara, anda harus mempunyai keterampilan sebagai berikut:

1. Berpengetahan luas
(baca karya sastra, filsafat, psikologi, budaya, agama, berita dll, bahkan gosip sekalipun)
2. Pelajari orang-orang yang pintar bicara di depan umum, bagaimana pembukaannya, apa kalimat yang diucapkannya saat mengomentari seseorang, dan juga apa kalimat ending yang dipakainya hingga pada akhir acara orang akan menarik nafas dengan senyuman puas.
3. Punyai ketrampilan menghadapi kendala yang mungkin terjadi saat acara sedang berlangsung seperti : mati lampu, putusnya jaringan telpon, peserta yang bertanya terus dll.
4. Punyai jam terbang, dan berani mengambil peran untuk bisa berbicara atau menjadi moderator, pimpinan sidang dan mengeluarkan pendapat saat rapat.
5. Kuasai bagaimanna mengendalikan emosi saat kita menjadi marah ketika orang lain mengkritik kita di depan umum, kalau bisa jadikan celetukan tersebut bahkan semakin lucu dengan komentar anda.
6. Simak semua acara-acara TV, radio, bagaimana seorang presenter atau MC dapat mempegaruhi massa yang banyak, bahkan pada saat pembicaraan semakin serius dan kaku.
7. Biasakanlah tertawa lepas dan senyuman ikhlas. Semakin anda banyak tersenyum dan tertawa semakin membuat acara menjadi rileks dan enak untuk diikuti bersama.
8. Berani untuk memberikan pembaharuan, mungkin pada saat kata-kata opening, klimaks dan juga kalimat penutup yang menggigit.
9. Biasakan membuat skenario saat kita diminta menjadi MC, masukkan lagu-lagu yang pas, atau musik yang menunjang acara tersebut, dengan berkonsultasi dengan pemain musik
10. Latihan 20 kali lipat, akan membuat anda semakin yakin dengan penampilan, artikulasi dan penguasaan materi serta menyelami audiens yang akan datang. Karena semakin anda ulang, semakin tahu kita diamana letak salah dan janggalnya, sehingga kita bisa improve setiap kali harus mengulang di depan cermin bahkan dalam rekaman suara.
11. Buatlah Ideal Imagination menurut yang anda inginkan. Anda bisa bayangkan diri seperti tokoh idola anda ynag sedang membawakan acara.
12. Pikirkan penampilan anda, karena MC ibarat Bintangnya suatu acara.
13. Latihlah vokal anda setiap hari, buka mulut lebar-lebar dan bunyikanlah vokal dan konsonan dengan power suara dari perut. Latihlah membaca dengan irama yang merdu atau enak di dengar, rekam, dengarkan dan evaluasi lagi berkali-kali dan setiap hari.

“Berjanjilah untuk siap membuka acara dengan hentakan vocal yang mantap, energik, antusias, penuh senyum lebar dan bahagia... Senang......” dan Bismillah.....”


Persiapan sebelum Acara :

1. Jaga makanan anda, hindari yang manis-manis karena dapat memicu sekresi air liur. Hindari makanan pedas dan beraroma tajam. Jauhi rokok dan es, lebih baik jaga suara dengan air jeruk dan jahe. Hindari tidur larut malam, karena suara akan hilang keesokan harinya.
2. Sebelumnya mandi untuk kesegaran tubuh, sedangkan tampilan wajah yang segar, dengan memakai make up yang membuat anda terlihat energik dan antusias. Hiasi wajah anda dengan senyuman dan sapaan
3. Datanglah lebih awal untuk mencek kesiapan alat atau mengecek sound system, dan menemui kehadiran semua pendukung acara
4. Tanyalah tuan rumah, atau panitia tentang skenario acara, apakah ada perubahan atau ada tambahan saat acara akan dilangsungkan
5. Ulangilah nama para pendukung acara atau yang memberikan kata sambutan, apakah tidak ada yang salah ataupun ketinggalan dalam menyebutkan gelar/pangkatnya.
6. Beberapa saat sebelum mulai, tarik nafas dalam-dalam dan berdoa agar acara lancar dan anda pasti mampu membuat acara lebih meriah dengan opening yang menarik (menyapa dan memuji pendengar) dan ditutup dengan ucapan terimakasih, kalimat closing yang dapat membuat orang menarik nafas puas.
7. Gerakkan mulut anda lebar-lebar dan cobalah untuk santai dalam mengeluarkan suara sebelum tampil. Latihlah raut wajah dan dengarkan suara anda baik-baik agar tidak cempreng ataupun tersekat, bahkan untuk kalimat-kalimat sulit perlu dilatih agar tidak keseleo saat mengucapkannya.
8. Berpakaian menarik, latihlah berdiri tegap dengan hati senang dan berbunga-bunga serta mata berbinar sepanjang acara dan yang utama adalah pikirkan kalau anda adalah yang terhebat di antara semuanya yang akan membawa acara semenarik dan semeriah mungkin.
9. Ada 3 hal yang tidak boleh dilupakan yaitu : Posture tegak, Action, Expression and Communication.
10. Ajak kontak mata dengan para audiens, penonton di studio atau pemirsa TVdi rumah. Jadilah aktor, angkat rasa percaya diri anda, bahwa anda sedang menjadi artis idola, dan berperilakulah menyenangkan
11. Jika ada kamera, maka walaupun ia benda mati, tapi ingatlah ada jutaan pasang
mata yang berada di baliknya.. Jangan sampai mata anda teralihkan walaupun anda sedang berfikir saat berbicara, tetap tatap kamera dengan pandangan yang mengajak.

*Orang yang gagal dalam persiapan maka bersiaplah untuk gagal

Tidak ada komentar: