INSTAGRAM

Jumat, 28 Agustus 2015

TUGAS 1 : KOMUNIKASI PARIWISATA

TUGAS KOMUNIKASI PARIWISATA .
AKPAR PARAMITHA BUKITTINGGI

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Komunikasi Pariwisata

Komunikasi
Pada zaman dahulu manusia sudah mengenal komunikasi,bisa secara bahasa tubuh seperti zaman batu,yang mana mereka saling mengerti,atau dengan bunyi seperti lonceng, kentongan, gong, gamelan,dll.

Komunikasi atau communication berasal dari bahasa Latin communis yang berarti sama.
Berikut adalah unsur2 komunikasi menurut Harold D. Laswell (1960) :

1. Who? (siapa/sumber)
Sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi,bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara sebagai komunikator.

2. Says What? (pesan)
Apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima (komunikan), dari sumber (komunikator) atau isi informasi. Merupakan seperangkat simbol verbal/non verbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan/maksud sumber tadi.

3. In Which Channel? (saluran/media)
Wahana/alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (penerima) baik secara langsung (tatap muka), maupun tidak langsung (melalui media cetak/elektronik dll).

4. To Whom? (untuk siapa/penerima)
Orang/kelompok/organisasi/suatu negara yang menerima pesan dari sumber. Disebut tujuan (destination)/pendengar (listener)/khalayak (audience)/komunikan/penafsir/penyandi balik (decoder).

5. With What Effect? (dampak/efek)
Dampak/efek yang terjadi pada komunikan (penerima) setelah menerima pesan dari sumber, seperti perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dll.

KOMUNIKASI PARIWISATA

Pariwisata berasal dari 2 kata, yakni :

Pari : banyak, berkali-kali, berputar-putar, lengkap
Wisata : perjalanan, bepergian
Jadi, pariwisata berarti perjalanan yang dilakukan berkali-kali, berputar-putar dari suatu tempat ke tempat lain.
Komunikasi pariwisata adalah suatu aktivitas manusia dalam menyampaikan informasi tentang perjalanan ke suatu daerah/objek wisata.


Jenis-jenis komunikasi pariwisata

1.Pelaksanaan
-formal(lingkup kerja)
-infromal(tidak ada batasan)
2.Bentuknya
-verbal(secara tertulis atau lisan)
-non verbal(menggunakan lambang bahasa,bahasa tubuh dll.)
3.Umpan balik
-satu arah:komunikasi yang dilakukan oleh satu pihak kepada pihak lain tanpa adanya kesempatan untuk memberikan feed back atau umpan balik
-dua arah:komunikasi yang dijalin antara pihak pemberi informasi dan penerima informasi dengan adanya kesempatan untuk memberika feed back

Unknown mengatakan...

komunikasi pariwisata

1. apa itu komunikasi pariwisata ?
komunikasi pariwisata adalah cara seseorang menyampaikan pendapat atau informasi tentang apa saja yang berhubungan dengan pariwisata .
2. siapa saja yang mealakukan komunikasi pariwisata ?
komunikasi pariwisata bisa dilakukan oleh siapa saja ,contohnya orang orang yang bekerja di biro perjalanan yang menyampaikan atau mempromosikan tentang suatu wisata kepada masyarakat .
3. kapan saja komunikasi pariwisata itu di lakukan?
komunikasi pariwisita bisa di lakukan kapan saja , bisa secara langsung ke masyarakat banyak maupun secara tidak langsung melalui media seperti internet,handphone dan sebagainya .
4.dimana saja komunikasi pariwisata itu di lakukan?
komunikasi pariwisata bisa dilakukan dimana saja asalkan ada komunikator dan komunikan .
5. bagaimana cara melakukan komunikasi pariwisata ?
melakukan atau menyampaikan komunikasi pariwisata ,bisa dengan melalui ahli juru bicara yang di hadiri oleh masa (sekelompok orang) yang nanti nya akan menyampaikan ke masyarakat banyak.
6. kenapa komunikasi pariwisata dilakukan?
komunikasi pariwisata dilakukan untuk mempromosikan wisata wisata yang ada di suatu negara atau daerah yang nantinya akan memancing orang lain baik warga lokal maupun warga asing untuk datang , dan itu bisa memberi keuntungan pada negara atau wilayah tempat wisata itu berada .

Unknown mengatakan...

komunikasi pariwisata

1. apa itu komunikasi pariwisata ?
komunikasi pariwisata adalah cara seseorang menyampaikan pendapat atau informasi tentang apa saja yang berhubungan dengan pariwisata .
2. siapa saja yang mealakukan komunikasi pariwisata ?
komunikasi pariwisata bisa dilakukan oleh siapa saja ,contohnya orang orang yang bekerja di biro perjalanan yang menyampaikan atau mempromosikan tentang suatu wisata kepada masyarakat .
3. kapan saja komunikasi pariwisata itu di lakukan?
komunikasi pariwisita bisa di lakukan kapan saja , bisa secara langsung ke masyarakat banyak maupun secara tidak langsung melalui media seperti internet,handphone dan sebagainya .
4.dimana saja komunikasi pariwisata itu di lakukan?
komunikasi pariwisata bisa dilakukan dimana saja asalkan ada komunikator dan komunikan .
5. bagaimana cara melakukan komunikasi pariwisata ?
melakukan atau menyampaikan komunikasi pariwisata ,bisa dengan melalui ahli juru bicara yang di hadiri oleh masa (sekelompok orang) yang nanti nya akan menyampaikan ke masyarakat banyak.
6. kenapa komunikasi pariwisata dilakukan?
komunikasi pariwisata dilakukan untuk mempromosikan wisata wisata yang ada di suatu negara atau daerah yang nantinya akan memancing orang lain baik warga lokal maupun warga asing untuk datang , dan itu bisa memberi keuntungan pada negara atau wilayah tempat wisata itu berada .

Anonim mengatakan...

komunikasi pariwisata

1. apa itu komunikasi pariwisata ?
proses penyampaian informasi baik secara langsung maupun tidak langsung dari komunikator kepada komunikan dengan menekankan informasi/pesan pariwisata kepada komunikan.
2. siapa saja yang melakukan komunikasi pariwisata ?
pelaku utama / pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi bisa individu,group,organisasi maupun suatu negara yang menerima pesan dari sumber.
3. kapan saja komunikasi pariwisata di lakukan ?
bisa dilakukan kapan saja yg penting informasi yang di sampaikan komunikator kepada komunikan sempurna atau jelas.
4. dimana komunikasi pariwisata itu di lakukan ?
komunikasi pariwisata boleh dilakukan dimana saja yg penting ada penyampai dan ada penerima.
5. bagaimana cara melakukan komunikasi pariwisata itu ?
cara komunikasi pariwisata bisa secara langsung maupun tidak langsung contohnya menggunakan alat media komunikasi.
6. kenapa komunikasi pariwisata dilakukan ?
ya untuk bisa lebih mengetahui apa itu pariwisata dan kita pun bisa mempromosikannya kepada negara kita maupun negara asing yang nantinya bisa menghasilkan keuuntungan bagi masyarakat indonesia.

Unknown mengatakan...



Komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.
Symbol verbal yaitu tulisan atau lisan contohnya seseorang yang menyampaikan atau yang menggunakan bahasa untuk menyampaikan pesannya.
Nonverbal yaitu melalui gambar, isyarat atau gerakan tubuh cntohnya saja pada zaman dahulu orang-orang berkomunikasi menggunakan asap.

Pariwisata adalah sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan yang dilakukan dengan cara suka rela atau proses penyampaian pikiran dan perasaan oleh seseorang (komunikator) kepda orang lain (komunikasi)

1.Apa itu komunikasi pariwisata?
aktivitas manusia dalam menyampaikan informasi tentang perjalanan kesuatu daerah wiata atau objek wisata yang akan dikunjungi, agar wisataawan dapat tertarik dan sampai pada suatu tindakan untuk mengunjungi dan wisatawan dapat mengunjungi dan menikmati perjalanan dari satu objek wisata ke objek wista lainya.
2. Siapa saja yang melalukan komonikasi pariwisata ?
Seseorang yang menyampaikan informasi tentang suatu objek wisata (komunikator) kepada seseorang yang menerima informasi tentang objek tersebut (komunikasi)
3. Kapan saja komunikasi dilakukan?
Seperti pernyataan diatas tadi ketika seseorang menyampaikan sebuah informasi mengenai suatu objek wisata
4. Dimana komunikasi dilakukan ?
Dimana saja, asalkan ada komunikator dan komunikan
5. bagaimana cara melakukan komunikasi pariwisata ?
melalui telefon, melalui media masa ,percakapan secara langsung
6. kenapa komunikasi pariwiasata dilakukan
Karena ada sesuatu informasi yang harus di sampaikan untuk mempromosikannya kepada negara kita maupun negara asing yang nantinya bisa menghasilkan keuuntungan bagi masyarakat indonesia