INSTAGRAM

Rabu, 14 Oktober 2015

Seminar Nasional Menulis Kreatif

Menulis merupakan suatu proses kreatif menuangkan pikiran dan pengetahuan ke dalam bentuk tulisan. Menulis merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh masyarakat ilmiah, yaitu kalangan pelajar, mahasiswa dan akademisi.
14 Oktober 2015. Acara Seminar Nasional Menulis Kreatif yang diangkat oleh Mahasiswa STAIN Batusangkar Jurusan Ekonomi Syariah sangat mengesankan.
Acara tersebut sudah diawali dengan pengumpulan karya cerpen dan artikel ilmiah antar SMA dan Mahasiswa  STAIN dalam 2 kategori, Cerpen dan Artkel Ilmiah yang dikirim melalui email, dan telah dinilai oleh Juri yang juga menjadi pembicara pada seminar tersebut.
Pemateri yang pertama diawali oleh Muhammad Subhan yang terkenal dengan karya Novel dan Puisinya, mengatakan bahwa menulis itu diawali dengan hal- hal yang dekat dengan kita. Ada 3 pilihan posisi kita saat bercerita dalam cerpen atau novel. Kita bisa memilih menjadi orang pertama yang bercerita dengan memakai kata ganti aku atau saya, ada yang memilih menjadi orang kedua dengan kata ganti kamu atau engkau dan orang ketiga bercerita tentang dia atau kalian.  Adapun dalam bercerita dalam tulisan itu, perlu dikembangkan ada yang ditambahkan atau dikurangi, tokohnya hidup, mati atau mengalami konflik yang semua itu sudah di "plot" sebelumnya.
Kemudian Ibu Linda Hevira menguraikan tentang Kreatif Menulis Karya Ilmiah. Membuat artikel karya/ ilmiah ternyata tidak selalu susah, terkadang lebih mudah dari mengarang cerita sebuah cerpen atau novel, karena karya ilmiah berawal dari penelitian atau membandingkan literatur yang sudah ada data-datanya, tinggal kita terampil merangkai dan menjahitnya menjadi sebuah karya tulis yang sistematis dan metodologis. Kata-kata yang ada dalam karya/artikel ilmiah harus efektif dan efisien.
Dalam membuat artikel ada 3 garis besar yaitu Pendahuluan yang berisi tujuan dan latar belakang, kemudian Pembahasan yang berisi beberapa teori / pendapat yang mendukung inti permasalahan, bisa disebutkan juga metoda dan cara kerja penelitiannya, selanjutnya Penutup yang berisi hasil / kesimpulan yang menjawab judul kita dan bisa ditambah saran ke depan. Selanjutnya karya tersebut bisa dikirim ke jurnal nasional
yang terakreditasi atau ke jurnal internasional yang terindex scopus dengan mengikuti ketentuan penulisan yang diminta oleh masing-masing jurnal.
Setelah pemaparan dari kedua narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pengumuman pemenang lomba karya tulis dan cerpen. Tak lupa juga pemberian door prize berupa buku kepada penanya dan no lot tertentu yang ada di bawah bangku peserta.
Acara tersebut memang telah memancing peserta untuk menjadi penulis, baik cerpen atau artikel ilmiah yang sangat berguna bagi mereka nantinya.

Tidak ada komentar: